280 Warga ikuti Pengobatan Gratis Rs Cakra Husada Klaten

Pasca pelantikan Kepala Desa (Kades), ratusan Warga Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Klaten berduyun-duyun mendatangi kegiatan pengobatan gratis di balai desa Senin (18/11). Pasalnya, Kades Karanganom, Harjanta mendatangkan tim medis Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi warganya.

Sejak pukul 08.00 WIB warga sudah mulai terlihat mengantri di balai Desa. Kegiatan yang awalnya dibuka oleh Sekretaris Desa setempat, Harsoyo kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Direktur Umum bidang Keuangan RSCH Klaten, Made Sumiarta.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program Klaten Sehat bersamama RSCH. Diantaranya program Kampung sehat, Sekolah sehat, Pasar sehat, dan Karyawan sehat. Ini sudah berlangsung sejak awal Januari 2013,” jelas Made kepada wartawan di sela-sela acara, Senin (18/11).

 

Diungkapkan Made, saat ini RSCH Klaten telah mengembangkan layanan kesehatan yang semakin memadai, seperti tersedianya pelayanan medis yang mengikuti perkembangan. Selain itu juga ditunjang semakin lengkapnya tenaga medis dan Dokter spesialis.

Di sisi lain, Kades Harjanta menuturkan, setelah beberapa dekade seluruh warga disibukkan dengan kegiatan Pilkades, kegiatan ini diharapkan sebagai sarana check up kesehatan warga sekaligus ucapan terimakasih kepada warga. “Pemerintah Desa Karanganom sangat menyambut baik kegiatan bakti sosial ini. Wujud nyata kepedulian masyarakat hanya baru sekali dilakukan di desa kami. Itupun baru RSCH Klaten yang langsung terjun kemasyarakat,” terang Harjanta.

Sementara itu, Darmanto (60), salah satu peserta pengobatan gratis mengatakan, memang baru kali ini dirinya melihat ada bentuk kepedulian ke masyarakat yang diwujudkan langsung oleh rumah sakit dalam bentuk kegiatan seperti ini. Sebagai warga yang kurang mampu, Suparmi mengaku, kegiatan ini sangat positif dan tepat sasaran, mengingat untuk biaya berobat mahal dan akses menuju rumah Sakit yang cukup lumayan jauh. “Kami berharap di kegiatan pemeriksaan gratis ini bisa diadakan secara rutin di desa kami,” ucapnya.

Ditambahkan, dr Dewi Kirana, kegiatan pemeriksaan gratis ini meliputi pemriksaan dokter, konsultasi kandungan, serta pelayanan obat. Sedang untuk cek laborat yang meliputi, cek tekanan darah (tensi), gula darah, kolesterol, dan asam urat, peserta hanya dikenakan biaya Rp 15 ribu. “Kegiatan ini menyertakan Tim medis berjumlah sekitar 10 orang termasuk dokter umum, dan dokter spesialis,” imbuhnya.

Hingga berakhirnya kegiatan sekitar pukul 13.00 WIB, antrian peserta masih terlihat padat. Ini menunjukkan sikap antusias warga yang cukup peduli dengan kesehatan. Peserta yang hadir ada sekitar 280 an orang, terdiri dari usia remaja, sedang dan manula. (Adi) FokusKlaten.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *